PELABUHAN

Pelabuhan adalah sebuah fasilitas di ujung SAMUDRA, SUNGAI, atau DANAUuntuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya. Pelabuhan biasanya memiliki alat-alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan kapal-kapal yang berlabuh. crane dan gudang berpendingin juga disediakan oleh pihak pengelola maupun pihak swasta yang berkepentingan. Sering pula disekitarnya dibangun fasilitas penunjang seperti pengalengan dan pemrosesan barang.

Kata pelabuhan laut digunakan untuk pelabuhan yang menangani kapal-kapal laut. Pelabuhan perikanan adalah pelabuhan yang digunakan untuk berlabuhnya kapal-kapal penangkap ikan serta menjadi tempat distribusi maupun pasar ikan.

Klasifikasi pelabuhan perikanan ada 3, yaitu: Pelabuhan Perikanan Pantai, Pelabuhan Perikanan Nusantara, dan Pelabuhan Perikanan Samudera.

Di bawah ini hal-hal yang penting agar pelabuhan dapat berfungsi:

  • Adanya kanal-kanal laut yang cukup dalam (minimum 12 meter)
  • Perlindungan dari angin, ombak, dan petir
  • Akses ke transportasi penghubung seperti kereta api dan truk.

pelabuhan rotherdam Belanda!!!!

“PELABUHAN BITUNG”

“PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG”

“pelabuhan marunda DKI”

Quay cranes adalah salah satu alat yang digunakan di pelabuhan. Guna dari alat ini adalah untuk kegiatan unloading barang dari  kapal menuju bagian sisi darat atau sebaliknya yaitu dari sisi darat menuju kapal (loading). Gambar dibawah merupakan quay cranes yang terdapat di pelabuhan Rotterdam, Belanda.

quayside-gantry-crane_a1