Badai Taifun Morakot menyerang Taiwan. Akibatnya, satu orang tewas dan 5 lainnya dinyatakan hilang di arah pantai timur China. Sebanyak 20.000 warga telah berhasil di evakuasi menyusul hilangnya kapal 9 orang nelayan di kawasan pesisir pantai.

Pemerintah Taiwan dan sejumlah media menginformasikan, Badai Taifun Morakot yang menyerang Taiwan sejak jum’at lalu menewaskan 1 orang dan 5 orang lainnya dinyatakan hilang di arah pantai timur China.

Sementara itu, tim SAR telah berhasil mengevakuasi 20.000 orang yang tinggal di kawasan pesisir pantai. Akibat badai Taifun Morakot, 9 nelayan di pesisir pantai kehilangan perahu yang menjadi alat mata pencaharian mereka.

Biro Pusat Cuaca Taiwan mengatakan, badai Taifun Morakot berhembus dengan kecepatan hampir 199 kilometer per jam, sehingga badai tersebut menyebabkan tanah longsor dan membawa air bah setinggi 1 hingga 2 meter ke beberapa daerah di Taiwan.

Selain itu, Badai Taifun Morakot menyebabkan aliran listrik terputus, tanaman rusak dan kereta api listrik terpaksa berhenti beroperasi.

Televisi lokal Taiwan menginformasikan, bagian utara dan selatan Taiwan seluruhnya terkena badai. Badai gelombang besar di pantai Taiwan ini mengakibatkan sebagian penduduk lokal lari akibat rumah mereka terendam banjir yang terus meningkat. Sejumlah warga melaporkan ada beberapa penduduk korban banjir yang diamankan tim SAR.

Ahli cuaca dari Biro Pusat Cuaca Taiwan, Lo Ya-Yi mengatakan,  “mata” badai Taifun Morakot sudah bergerak meninggalkan Taiwan menuju pantai barat laut di dekat kota Taoyuan. Dalam pergerakannya melewati pulau, badai Taifun akan menghantam beberapa pulau di sekitar pantai barat laut dengan hujan lebat dan angin kencang.

“Meskipun mata badai taifun telah bergerak dari Taiwan ke pantai barat laut di dekat kota Taoyuan / badai yang akan terus menghantam pulau-pulau dengan hujan lebat dan angin kencang”, lata Lo Ya-Yi.

Lo Ya-Yi menambahkan, sejauh ini Taiwan belum dinyatakan bebas dari badai // Ada kemungkinan / badai akan terus menyerang sampai dini hari ini.

Taifun merupakan sebuah anomali perubahan cuaca yang datang bersama angin kencang yang disertai guntur dan topan. Angin Taifun datang dari samudera Pasifik di timur dengan kecepatan 120 km/jam (7 mil/jam) / atau bergerak melingkar dan hampir tak berangin. Sedangkan “Mata taifun” bergerak ke barat atau baratlaut dengan kecepatan 17 sampai 25 km/jam (10 sampai 15 mil/jam). (Megasari/DS)